Pengetahuan Yang Asik dan Menyenangkan

Rabu, 04 Maret 2015

Berbagai Makanan Khas Sumatera Barat


1. Rendang
rendang


Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa(karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak). Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah, yang berangkat dari 4 bahan pokok, yaitu:
  • Dagiang (Daging Sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak (para pemimpin Suku adat)
  • Karambia (Kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual)
  • Lado (Cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
  • Pemasak (Bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.
2. Ayam Pop
ayam pop
Ayam Pop adalah makanan khas Sumatera Barat yang menggunakan bahan utama ayam, air kelapa dan santan. Selain bahan-bahan tadi, ayam pop menggunakan bumbu bawang putih, jaeh dan garam. Cara pengolahan ayam pop adalah dengan melumurkan ayam dengan jeruk nipis dan bumbu halus, lalu dimasukan ke dalam santan dan air kelapa yang sudah dipanaskan. Ayam pop biasanya dihidangkan dengan cabe merah dan sayur pucuk ubi.
3. Dendeng Balado
resep dendeng balado
Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan semi-manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan. Di Sumatera Barat, pengolah dendeng dibagi dua, satu dendeng kering dan satunya dendeng basah. Dendeng kering biasanya diolah lagi dengan menggunakan cabe merah, kita kenal dengan sebutan Dendeng Balado. Sedangkan dendeng basah biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat masakan Dendeng Batokok yang sangat terkenal itu. Dendeng merupakan makanan ringan yang tradisional di Sumatera Barat!
4. Itiak Lado Hijau
itiak lado ijo

Itiak Lado Hijau adalah makanan traditional kota Gadang, Sumatera Barat. Itiak Lado Hijau merupakan gulai bebek muda yang dilumuri cabai hijau. Saking banyaknya cabai, kita seakan-akan melihat bebek itu “berendam” dalam cabe ._. Makanan ini sangat nikmat dimakan panas-panas, apalagi di daerah penggunungan, wuiih mantap deh! (y)
5. Dendeng Batokok
dendeng batokok

Dendeng Batokok merupakan makanan khas Sumatera Barat yang dibuat dari irisan lebar dan tipis daging sapi. Setelah diiris, tipis melebar, lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya jadi lembut.Kemudian, makanan ini diberi irisan cabai hijau, jadilah Denden Batokok yang super duper pedas! MENGGAIRAHKAN!
6. Soto Padang
soto padang

Soto Padang… dari namanya aja.. udah ketauan banget kalau makanan ini khas kota Padang, Sumatera Barat,kan??? Soto Padang ini adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, bihun, dan ditambah perkedel dan kentang yang dihidangkan selagi panas-panasnya!
7. Sate Padang
sate-padang
Sate Padang Panjang
sate padang pariaman
Sate Padang Pariaman,bumbunya warna merah
Sate Padang adalah sate khas Padang tentunya. Sate ini punya 3 nama lagi, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang, dan Sate Pariaman. Sate Padang menggunakan daging sapi, lidah atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental ditambah dengan cabai sehingga pedas. Yang membedakan Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman adalah bumbunya. Kalau Sate Padang Panjang, bumbunya berwarna kuning, sedangkan Sate Pariaman, bumbunya berwarna merah.
8. Sala Lauak-Sala Ikan
sala ikan

Sala Ikan, merupakan makanan berbahan dasar ikan yang cukup populer di Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras dan ikan teri kering ini sungguh gurih.
9. Bubur Kampium
bubuakampiun

Jika Anda termasuk penggemar sajian bubur sebagai menu berbuka, ada baiknya Anda mencoba menu bubur khas Sumatera Barat, Bubur Kampiun. Orang Minang akrab menyebutnya bubua kampiun.
Tradisinya, bubur kampiun disantap masyarakat Minang untuk sarapan. Namun, khusus bulan Ramadhan posisinya diubah menjadi menu santapan utama berbuka.
Konon, bubur ini bisa dijumpai pada setiap sudut Sumatera Barat. Meski setiap daerah memiliki campuran bahan pembuat bubur kampiun yang berbeda satu sama lain. Intinya, bubur Kampiun ini memiliki cita rasa yang sama yaitu manis dan legit.
10. Asem Padeh
asem padeh

Asam Padeh merupakan masakan yang bercita rasa asam dan pedas. Bumbunya lazim menggunakan asam jawa, cabe dan berbagai racikan bumbu lainnya. Bahan utamanya biasanya menggunakan berbagai jenis ikan seperti tongkol, kakap, atau tuna.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar